Translate

Sabtu, 13 Oktober 2012

Pancake Durian

Setelah nyobain pancake durian yang terkenal itu... nyoba bikin sendiri dan agak dimodifikasi biar pas emang pancake gitu... bukan cuma duren bungkus dadar...  Menurut seleraku lho ya... boleh ngga setuju koq...

Bahan Kulit:
9 sdm tepung terigu
3 butir telur
100 ml santan kara
100 ml air
1/4 sdt garam.
1/4 sdt vanili bubuk

Vla Duren:
200 ml susu cair putih
2 sdm maizena ; cairkan dengan sedikit air
2 sdm gula
1/4 sdt garam
200 gr daging buah durian

Cara Membuat:
Campur tepung terigu, telur, garam, dan vanili. Aduk rata.
Tuangkan santan sedikit demi sedikit kedalam adonan diatas. Sambil diaduk dengan whisker hingga adonanlembut dan tidak menggumpal.
Panaskan teflon dengan api kecil. Tuang adonan ke dalam teflon kurang lebih 50ml, sesegera mungkin ratakan adonan keseluruh permukaan teflon. Setelah adonan kulit sudah tidak menempel lagi diteflon, maka segera angkat (tidak perlu menunggu hingga kecoklatan). Lakukan sampai adonan kulit pancake habis.

Rebus susu dan gula sampai mendidih. Tambahkan garam aduk rata. Masukan cairan maizena sambil diaduk hingga kental dan meletup-letup. Matikan api, biarkan dingin.
Setelah dingin masukan daging buah durian aduk rata.

Ambil 1 lembar kulit, beri 1 1/2 sdm isi, lipat seperti amplop.
Simpan di wadah tertutup lalu masukkan ke lemari es min 1 jam. Hidangkan.

TIPS:
Pada saat menuangkan adonan kulit pancake ke dalam teflon, sebaiknya sebelum adonan di tuang, teflon diangkat dulu dari kompor, lalu tuang dan ratakan adonan, baru letakan teflon kembali ke kompor. Ini untuk mengindari adonan kering dan tidak merata.
Jangan sampai terlalu lama memasak kulit pancakenya, begitu tidak lengket di teflon langsung angkat. Jika terlalu lama hasilnya kulit pancake tidak mulus (bintik-bintik cokelat), dan tidak lembut dan lentur.



Post Comment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar