Translate

Minggu, 13 Januari 2013

Bubur Kacang Ijo

Salah satu variasi bubur manis khas Indonesia, bubur kacang ijo. Dimakan hangat OK... dingin juga OK... Caraku??? Panas atau dingin OK aja... tapi jangan lupa tambahin 1 scoop vanila ice cream hhmmm.... mantap! Mau sensasi beda? Tambahin 1 sdt kopi instan, enak lho....
Lain kali aku akan posting rangkaian resep bubur manis dan bubur gurih Indonesia. Karena My Lord suka banget kacang ijo jadi ini yang pertama

Bahan:
250 gr kacang hijau ; cuci bersih rendam dengan air dingin min 2 jam
1/2 btr kelapa tua ; buat 500 ml santan
500 ml air
150 gr gula merah ; sisir
2 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
2 lbr daun pandan ; sobek - sobek buat simpul
1 btg kayu manis
5 cm jahe ; geprek

Cara Membuat:
Buang air rendaman kacang hijau. Rebus dengan api sedang bersama air, daun pandan, jahe dan kayu manis, sampai kacang hijau empuk dan matang (kira - kira 20 - 30 menit).
Setelah kacang hijau empuk kecilkan api, tambahkan gula merah, gula pasir santan dan garam didihkan sekali lagi dengan api kecil sambil sesekali diaduk. Angkat dan hidangkan hangat atu dinginkan dan simpan dikulkas sampai sesaat sebelum dihidangkan.



TIPS:
Pastikan kacang hijau empuk dan matang sebelum menambahkan gula. Kacang hijau yang sudah diberi gula tidak akan bisa empuk.

Jaman masih kost dulu aku sering buat ini pakai rice cooker. Caranya proses merebus kacang hijau aku pakai fungsi Cooking.
Setelah kacang hijau empuk aku pakai fungsi Keep Warm, baru tambahkan gula merah, gula putih, santan dan garam, aduk rata tutup dan diamkan 15 menit. Buka tutupnya aduk sekali lagi dan siap dihidangkan.








Post Comment

2 komentar: